Bagaimana Cara Kerja Hydrant Pump Dalam Sistem Fire Hydrant?

Hydrant pump dalam sistem fire hydrant adalah komponen yang sangat vital. Tanpa komponen ini, sistem fire hydrant akan kehilangan sumber pasokan air. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk memasang hydrant pump dan mempelajari cara kerja hydrant pump untuk memaksimalkan instalasi fire hydrant milik Anda.

Dalam sistem fire hydrant, hydrant pump bertugas sebagai pemasok air ke sistem perpipaan fire hydrant. Pasokan air dari hydrant pump digunakan di seluruh rangkaian sistem fire hydrant, baik yang ada di luar ruangan (hydrant pillar) dan juga yang ada di dalam ruangan (hydrant valve pada hydrant box).

 

Cara Kerja Hydrant Pump Dalam Memasok Air

Dalam sistem hydrant ada tiga pompa yang saling berhubungan untuk memasok air dan memastikan tekanannya baik. Tiga pompa tersebut adalah electric pump, diesel pump dan jockey pump. Ketiga pompa tersebut saling berkaitan dalam memasok air untuk fire hydrant.

Electric pump adalah pompa utama dalam memasok air. Electric pump bertugas menyedot air dari reservoir atau tandon air dan menyalurkannya ke semua sistem instalasi. Jika electric pump mati dalam sepuluh detik, maka diesel pump akan segera aktif dan mem-back-up tugas dari electric pump.

Cara Kerja Hydrant Pump Dalam Memasok Air dengan Diesel Pump

Electric pump dengan sumber daya listrik wajib mendapat back-up dari diesel pump. Jadi jika listrik mati, diesel pump yang notabene menggunakan bahan bakar akan tetap bisa bekerja untuk memasok air pada sistem fire hydrant.

Lalu, ada satu lagi pompa yang tidak boleh dilupakan yaitu jockey pump. Tugas jockey pump adalah untuk menyetabilkan tekanan yang ada dalam pipa. Jika tekanan air dalam pipa menurun, maka tugas dari hydrant pump akan semakain berat. Di sini jockey pump bertugas untuk menormalkan tekanan supaya kerja hydrant pump kembali normal.

Semua hydrant pump di atas aktif secara otomatis, namun harus dimatikan secara manual. Maka dari itu butuh tenaga profesional terlatih untuk mengoperasikan hydrant pump.

 

Memaksimalkan Cara Kerja Hydrant Pump dengan Teknisi Profesional

Untuk memaksimalkan kerja dari hydrant pump ada beberapa komponen yang harus ditambahkan. Komponen-komponen tersebut adalah: pressure switch, manometer, time delay relay, safety valve, pressure reducing valve dan fire house cabinet yang akan menunjang kerja dari hydrant pump.

Cara Kerja Hydrant Pump dengan Adanya Teknisi Profesional

Namun komponen-komponen pendukung saja tidak cukup. Perancangan, pemasangan dan pelatihan fire hydrant yang baik harus juga dilakukan untuk menunjang performa dari hydrant pump. Maka Anda harus mendapat pelatihan dari teknisi berpengalaman dan yang mengerti standar-standar pengoperasian fire hydrant.

Recommended Posts

Leave a Comment