Apa Itu Fire Hydrant?

Sekarang ini sudah banyak orang yang menggunakan alat untuk memproteksi aset mereka dari kebakaran. Sebut saja alat pemadam api ringan yang sudah bisa ditemukan di mana-mana. Ada lagi alat pemadam api bernama fire hydrant yang juga sering Anda temui di bangunan-bangunan besar.

Meski sudah sering ditemui, namun nampaknya masih banyak yang belum tahu tentang definisi dari fire hydrant. Maka dari itu, dalam artikel ini akan dibahas apa itu definisi dari komponen pemadam kebakaran ini bagi Anda.

 

Definisi dari Fire Hydrant

Fire Hydrant Beserta Komponennya

Fire hydrant adalah sebuah alat pemadam api yang berfungsi sebagai terminal air yang akan memadamkan api jika terjadi kebakaran. Alat pemadam api ini terdiri dari berbagai komponen yaitu reservoir, jaringan pipa hisap, pompa, pipa distribusi dan komponen-komponen output.

Karena sistemnya yang berbasis air, maka dari itu air harus selalu tersedia. Hal ini dimaksudkan untuk berjaga-jaga jika suatu saat terjadi kebakaran. Agar sumber air untuk memadamkan api selalu ada dan dapat memenuhi pasokan saat terjadi kebakaran secara maksimal.

 

Pentingnya Reservoir Bagi Fire Hydrant

Fire Hydrant Reservoir

Pada jaman dahulu pasokan air diambil dari sumur maupun sungai. Namun seiring berkembangnya zaman, sekarang banyak yang menggunakan reservoir air untuk menampung air. Ini digunakan jika kebakaran terjadi, maka tim pemadam api tidak perlu jauh-jauh lagi mencari sumber air.

Dikarenakan pemadaman api itu tidak mudah, apalagi jika sudah membesar, maka dari itu fire hydrant membutuhkan pasokan air dengan tekanan yang tinggi. Selain itu saat memadamkan api, alat pemadam api ini juga membutuhkan 250 galon air minum setiap menitnya atau sekitar 9000 liter air per menit.

Selain adanya reservoir, fire hydrant juga harus dicat dengan warna merah mencolok, baik pada unitnya dan area di sekitarnya.  Warna merah ini dimaksudkan untuk membuat perhatian orang saat terjadi kebakaran. Jadi semua orang bisa sangat cepat untuk mencari dan mengaksesnya saat terjadi kebakaran.

Setelah mengetahui definisi tentang fire hydrant dan betapa penting komponen-komponennya. Ada baiknya jika Anda ingin memasang alat pemadam api ini pada area bangunan milik Anda, harus menggunakan konsultan dan penyedia yang terpercaya dan berkualitas, demi memaksimalkan proteksi akan kebakaran.

Recommended Posts

Leave a Comment