Apa Saja Fungsi Hydrant Box Dalam Sistem Fire Hydrant?

Saat Anda mengkonstruksi sistem fire hydrant, ada satu komponen yang tidak boleh Anda lupakan. Komponen tersebut adalah hydrant box, komponen yang memiliki fungsi sangat vital dalam rangkaian sistem fire hydrant. Mau tahu apa saja fungsi hydrant box? Pada artikel ini akan dijabarkan bagi Anda apa saja fungsi dari hydrant box.

Hydrant box pada umumnya digunakan untuk melindungi dan menyimpan komponen output dalam sistem fire hydrant. Hydrant box membantu Anda untuk menjaga komponen-komponen output fire hydrant dari gangguan cuaca, upaya pencurian dan vandalisme, juga memudahkan regu pemadam untuk menemukan komponen-komponen yang mereka butuhkan.

 

Fungsi Hydrant Box Berdasar Penempatannya

Hydrant box terbagi dalam dua jenis berdasar penempatannya yaitu indoor dan outdoor. Untuk hydrant box outdoor fungsi utamanya adalah melindungi komponen seperti nozzle, coupling, hose dan hose reel dari cuaca ekstrem. Apalagi komponen yang terbuat dari baja yang akan cepat korosif jika tidak disimpan dalam hydrant box karena terkena sinar matahari langsung dan cuaca ekstrem.

Fungsi Hydrant Box Berdasar Penempatannya

Untuk hydrant box indoor fungsinya tidak jauh berbeda dengan hydrant box outdoor, yaitu melindungi komponen-komponen output dari sistem fire hydrant. Namun untuk hydrant indoor terdapat tambahan komponen hydrant valve di dalamnya. Karena hose atau selang pada box hydrant indoor tersambung langsung ke sistem perpipaan yang bisa diaktifkan langsung menggunakan hydrant valve di dalam hydrant box indoor.

 

Fungsi Hydrant Box dan Tipenya

Hydrant box terbagi dalam tiga tipe, yaitu tipe A, B (indoor) dan C (outdoor):

  • Tipe A1 (indoor)

Hydrant box tipe A1 berukuran 66 cm x 52 cm x 15 cm, hydrant box A1 bisa menampung satu roll fire hose, coupling machino dan juga nozzle, untuk penempatan di dalam ruangan.

  • Tipe A2 (indoor)

Hydrant box indoor tipe A2 mempunyai desain dan fungsi yang sama dengan hydrant box A1, namun kapasitasnya saja yang lebih besar yaitu 100 cm x 80 cm x 18 cm.

Fungsi Hydrant Box dan Tipenya

  • Tipe B (indoor)

Hydrant box tipe B memiliki dimensi 125 cm x 75 cm x 18cm yang dapat menampung komponen seperti hose, hose reel, coupling machino dan nozzle. Namun perbedaan mencolok pada hydrant box B dengan hydrant box tipe lain adalah lubang untuk memasang fire alarm set seperti manual call point, indicator lamp dan alarm bell.

  • Tipe C (outdoor)

Hydrant box tipe C ini adalah satu-satunya hydrant box yang bisa ditempatkan di luar ruangan. Materialnya yang terbuat dari fiber atau plat besi tebal dapat melindungi komponen yang tersimpan di dalamnya dari gangguan cuaca ekstrem dan kemungkinan korosif.

Dengan sangat pentingnya penggunaan hydrant box, maka Anda harus mempersiapkannya dengan benar guna menyempurnakan sistem fire hydrant milik Anda. Dapatkan hydrant box indoor maupun outdoor dari supplier dan distributor terpercaya, supaya Anda mendapatkan penawaran hydrant box yang berkualitas.

Recommended Posts

Leave a Comment