Mengapa Fungsi Hydrant Pillar dalam Sistem Fire Hydrant Dianggap Penting?

Saat kebakaran mulai meluas dan tidak bisa ditangani lagi dengan alat pemadam api portable, maka fire hydrant harus segera diaktifkan. Sistem fire hydrant terdiri dari beberapa komponen yang berkaitan untuk menyalurkan air. Fungsi hydrant pillar dalam rangkaian ini sangat penting, karena bertugas menyalurkan air dari water reservoir, sistem perpipaan menuju ke komponen output untuk memadamkan api.

Air dari water reservoir atau tempat penyimpanan air mengalir ke sistem perpipaan karena mendapat tekanan dari pompa (electric pump, diesel pump dan jockey pump). Setelah air masuk ke sistem perpipaan, lalu air bisa dikeluarkan melalui outlet hydrant pillar.

 

Fungsi Hydrant Pillar Menurut Jenisnya

Hydrant pillar tersedia dalam tiga jenis, masing-masing jenis dibedakan dari jumlah outletnya. Jumlah outlet hydrant pillar berpengaruh dalam pendistribusian air untuk memadamkan kebakaran.

Semakin banyak outlet hydrant pillar, maka api bisa cepat dipadamkan. Karena akan banyak selang hydrant yang bisa dipasang pada hydrant pillar dan teraliri air untuk memadamkan api. Lalu, semakin rumit dan luas area yang akan diproteksi, semakin banyak pula outlet pada hydrant pillar yang dibutuhkan.

Adapun perbedaan ukuran dari masing-masing hydrant pillar sebagai berikut:

  • Hydrant pillar one way memiliki inlet berukuran 3 inch dan satu outlet berukuran 2,5 inch.
  • Hydrant pillar two way memiliki inlet berukuran 4 inch dan dua outlet dengan ukuran 2,5 inch.
  • Hydrant pillar three way memiliki inlet dan tiga outlet dengan rincian¬†¬†6 inch x 2,5 inch x 2,5 inch.

Fungsi Hydrant Pillar Menurut Jenisnya

 

Fungsi Hydrant Pillar Bagi Regu Pemadam Kebakaran

Seperti yang sudah disebutkan di awal, jika alat pemadam api portable sudah tidak bisa memadamkan kebakaran, maka sistem fire hydrant akan diaktifkan. Sistem fire hydrant memang dibuat untuk menangani kebakaran yang besar dan tidak bisa lagi dipadamkan menggunakan alat pemadam api portable.

Fungsi Hydrant Pillar Bagi Regu Pemadam Kebakaran

Maka saat sistem fire hydrant diaktifkan dari rumah pompa, tenaga profesional seperti pemadam kebakaran akan bisa menggunakan air yang keluar dari hydrant pillar untuk memadamkan api. Air dari hydrant pillar juga bisa digunakan langsung oleh regu pemadam kebakaran dengan menggunakan selang dan nozzle. Atau juga bisa disambungkan ke mobil pemadam kebakaran, saat pasokan air di mobil pemadam habis.

Jadi fungsi hydrant pillar sangat vital dalam upaya pemadaman api, apalagi untuk memadamkan kebakaran yang sudah besar dan meluas. Hydrant pillar juga sangat membantu upaya pemadaman oleh regu pemadam api dalam aspek supply air. Jadi jangan lupa siapkan komponen ini dalam sistem fire hydrant milik Anda.

Recommended Posts

Leave a Comment