Daftar Harga Pompa Hydrant Diesel 500 GPM Distributor Resmi

Salah satu komponen penting dalam sistem pemadam kebakaran adalah pompa hydrant diesel. Di pasaran, harga pompa hydrant diesel 500 GPM sangat bervariasi. Sebelum beli, kenali dulu apa itu pompa hydrant diesel dan faktor yang mempengaruhi harganya.

Apa Fungsi Pompa Hydrant Diesel Dalam Sistem Pemadam Kebakaran?

Fungsi utama pompa hydrant diesel adalah untuk menyediakan daya dorong yang kuat dalam memasok air ke sistem hydrant, yang selanjutnya digunakan untuk memadamkan kebakaran. Selain itu, pompa hydrant diesel juga berfungsi untuk:

1. Penggerak Utama

Pompa hydrant diesel adalah sumber daya penggerak utama dalam sistem hydrant. Mesin diesel yang digunakan dalam pompa ini memiliki daya dorong yang kuat dan dapat diandalkan, yang membuatnya cocok untuk digunakan dalam situasi darurat kebakaran.

2. Menyedot Air

Pompa hydrant diesel dapat menyedot air dari sumber air, seperti sumur, reservoir, atau kolam, dan mengalirkannya ke sistem hydrant. Ini memastikan pasokan air yang cukup untuk pemadaman kebakaran.

3. Menghasilkan Tekanan Tinggi

Fungsi berikutnya adalah menghasilkan tekanan tinggi pada air. Tekanan yang tinggi ini diperlukan untuk mengalirkan air melalui selang pemadam kebakaran dengan kecepatan yang cukup tinggi untuk memadamkan api dengan efektif.

4. Menyediakan Air ke Alat Pemadam Kebakaran

Pompa hydrant diesel mengalirkan air ke berbagai alat pemadam kebakaran yang terhubung ke sistem hydrant, seperti hose reel, nozzle, dan hydrant pillar. Ini memungkinkan petugas Damkar untuk mengarahkan aliran air ke area yang terkena dampak kebakaran.

5. Pemeliharaan Tekanan Selama Penggunaan

Pompa hydrant diesel juga berfungsi untuk memelihara tekanan air selama penggunaan alat pemadam kebakaran. Tekanan yang stabil sangat penting agar aliran air tetap kuat dan efektif selama pemadaman kebakaran.

6. Dukungan dalam Kondisi Darurat

Mesin diesel pada pompa hydrant dapat diandalkan dalam kondisi darurat. Pompa ini dilengkapi dengan sistem otomatis yang memastikan pompa tersebut dapat berfungsi dengan cepat saat terjadi kebakaran, bahkan jika pasokan listrik utama terputus.

7. Operasi Otomatis

Beberapa pompa hydrant diesel dilengkapi dengan sistem otomatis yang dapat mendeteksi penurunan tekanan, dan secara otomatis mengaktifkan pompa untuk memulai aliran air. Hal ini membantu dalam merespons kebakaran dengan cepat tanpa keterlambatan.

Baca juga: Cara Mengoperasikan Fire Hydrant yang Aman dan Efektif

Spesifikasi Pompa Hydrant Diesel 500 GPM Kualitas Terbaik

Spesifikasi pompa hydrant diesel 500 GPM (Gallon Per Menit) dengan kualitas terbaik dapat bervariasi tergantung pada produsen dan model tertentu. Namun, berikut adalah beberapa spesifikasi umum yang biasanya ditemui pada pompa hydrant diesel berkualitas terbaik:

  • Kapasitas Aliran (Flow Rate)
    Kapasitas aliran 500 GPM yang berarti pompa dapat mengalirkan 500 galon air per menit. Ini adalah angka standar untuk pompa hydrant diesel 500 GPM.
  • Tekanan Operasi
    Tekanan operasi yang tinggi untuk memberikan daya dorong yang cukup untuk pemadaman kebakaran yang efektif. Biasanya, tekanan operasi berkisar antara 100 hingga 200 psi (pound per inci persegi).
  • Mesin Diesel
    Mesin diesel berkualitas tinggi dengan daya yang cukup untuk menghasilkan tekanan dan aliran yang dibutuhkan. Mesin ini sering dilengkapi dengan fitur keamanan dan pengoperasian yang andal.
  • Material Konstruksi
    Bagian-bagian utama pompa, seperti casing, impeller, dan pipa, terbuat dari bahan berkualitas tinggi yang tahan terhadap korosi dan abrasi.
  • Sistem Pendinginan
    Sistem pendinginan yang efisien untuk menjaga suhu mesin diesel tetap dalam batas yang aman selama operasi.
  • Sistem Kontrol Otomatis
    Sistem otomatis yang dapat mendeteksi penurunan tekanan dalam sistem hydrant dan mengaktifkan pompa secara otomatis. Ini meningkatkan respons cepat terhadap kebakaran.
  • Sistem Bahan Bakar
    Sistem bahan bakar yang efisien dan tangki bahan bakar yang cukup besar untuk memastikan pompa dapat beroperasi selama yang diperlukan.
  • Panel Kontrol
    Panel kontrol yang intuitif dan mudah digunakan untuk mengoperasikan pompa serta memantau kondisinya.

Apa Faktor yang Menentukan Harga Pompa Diesel Hydrant 500 GPM?

Harga pompa hydrant diesel 500 GPM dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membelinya. Berikut adalah beberapa faktor utama yang dapat menentukan harga pompa diesel hydrant 500 GPM:

1. Merek dan Kualitas

Merek terkenal atau pompa dengan kualitas terbaik biasanya memiliki harga yang lebih tinggi. Kualitas komponen, konstruksi, dan ketahanan terhadap korosi juga mempengaruhi harga.

2. Kapasitas dan Kinerja

Pompa dengan kapasitas aliran yang lebih tinggi atau kemampuan kinerja yang lebih baik (misalnya, tekanan operasi yang lebih tinggi) cenderung memiliki harga yang lebih tinggi.

3. Spesifikasi Tambahan

Pompa dapat dilengkapi dengan spesifikasi tambahan, seperti sistem kontrol otomatis, panel kontrol yang canggih, atau kemampuan pemantauan jarak jauh. Spesifikasi tambahan ini dapat menambah biaya.

4. Material Konstruksi

Jenis material yang digunakan dalam konstruksi pompa, terutama bagian-bagian yang bersentuhan dengan air atau bahan kimia tertentu, dapat mempengaruhi harga. Material berkualitas tinggi yang tahan korosi umumnya lebih mahal.

5. Keandalan dan Keamanan

Pompa yang dirancang dengan fitur-fitur keamanan tambahan, seperti sensor kebocoran atau alarm, mungkin memiliki harga yang lebih tinggi. Keandalan dalam situasi darurat juga merupakan pertimbangan penting.

6. Sertifikasi dan Kepatuhan

Pompa yang memiliki sertifikasi dari lembaga pengawas atau lembaga sertifikasi tertentu dapat memiliki harga yang lebih tinggi karena memenuhi standar kualitas dan keselamatan yang ketat.

7. Pengoperasian dan Perawatan

Biaya operasional dan perawatan selama masa pakai pompa juga perlu dipertimbangkan. Pompa dengan perawatan yang mudah dan biaya operasional yang rendah dapat menjadi pilihan yang lebih ekonomis dalam jangka panjang.

8. Ukuran dan Dimensi

Ukuran dan dimensi pompa perlu sesuai dengan ruang yang tersedia dan kebutuhan instalasi. Pompa yang lebih besar atau yang memerlukan modifikasi instalasi khusus mungkin memiliki biaya tambahan.

9. Aksesori dan Perlengkapan

Harga pompa dapat mencakup aksesori tambahan seperti selang, nozzle, atau perlengkapan pemadam kebakaran lainnya. Harga ini dapat bervariasi tergantung pada jenis dan jumlah aksesori yang disertakan.

10. Garansi

Pompa dengan garansi yang lebih panjang atau garansi yang lebih komprehensif mungkin memiliki harga yang lebih tinggi karena menawarkan perlindungan tambahan.

Daftar Harga & Spesifikasi Pompa Hydrant Diesel 500 GPM Distributor Resmi

Jika berencana untuk membeli pompa hydrant diesel 500 GPM dengan harga terbaik, pastikan Anda memilih distributor resmi yang terpercaya. Bromindo adalah distributor resmi pompa hydrant diesel di Indonesia yang bisa Anda percaya.

Dengan pengalaman 25 tahun di industri pemadam kebakaran, Bromindo tentu menyediakan berbagai jenis pompa hydrant diesel 500 GPM yang berkualitas. Berikut adalah beberapa jenis pompa diesel yang tersedia di Bromindo dan spesifikasinya.

1. Diesel Pump Hydrant EBARA 100 x 80 FSJ

  • Brand: EBARA type 100 x 80 FSJ + Diesel Engine
  • Capacity: 500 gallons per minute at 80 meters
  • Powder: Diesel engine FORWARD 62 kW at 2900 RPM

2. EBARA Fire Pump 150 x 100 FSK

  • Brand: EBARA type 150 x 100 FSK + diesel engine
  • Capacity: 750 gallons per minute at 114 meters
  • Power: Diesel engine CLARKE JU6H-NL34 147 kW at 2800 RPM

3. EBARA Fire Pump 100 x 65 FSK

  • Brand: EBARA Type 100 x 65 FSK + diesel engine
  • Capacity: 100 m3 per hour at 100 meters
  • Power: Diesel engine DOOSAN type PU 066 85kW at 3000 RPM

4. EBARA Fire Pump 125 x 100 FSJC 575

  • Brand: EBARA type 125 x 100 FSJC 575
  • Capacity: 750 gallons per minute at 75 meters
  • Power: Diesel engine FAW 96 kW at 2800 RPM

5. EBARA Fire Pump 150 x 100 FSK

  • Brand: EBARA type 150 x 100 FSKA + diesel engine
  • Capacity: 1000 gallons per minute at 150 psi (10 bar)
  • Power: Diesel engine CLARKE type JU6H-NL34 147 kW at 2800 RPM

6. Fire Pump EBARA 125 x 100 FSJCA

  • Brand: EBARA type 125 x 100 FSJCA + diesel engine
  • Capacity: 750 gallons per minute at 85 meters
  • Power: Diesel engine FAW type 4 DX23-130 96 kW at 2800 RPM

7. Fire Pump TORISHIMA ETA N 125 x 100-250.1

  • Brand: TORISHIMA ETA N type 125 x 100-250.1
  • Capacity: 500 gallons per minutes at 90 meters
  • Power: Diesel engine FORWARD 62 kW at 2900 RPM

8. ROTOR Fire Pump RA 80-26

  • Brand: ROTOR RA 80-26
  • Capacity: 720 gallons per minute at 90 meters
  • Power: Engine FAW 125 kW at 2900 RPM

9. TORISHIMA Fire Pump ETA N 125 x 100-250.1 750 GPM

  • Brand: TORISHIMA ETA N Type 125 x 100-250.1
  • Capacity: 750 gallons per minute at 90 meters
  • Power: Diesel Engine FAW 96 kW at 2800 RPM

Penting untuk mengumpulkan informasi yang cukup sebelum membuat keputusan pembelian. Terutama karena pompa hydrant diesel adalah investasi yang penting dalam sistem pemadam kebakaran.

Pastikan Anda memilih pompa yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi Anda dan memenuhi standar keselamatan dan kualitas yang berlaku. Konsultasi dengan tim kami sekarang agar menemukan solusi terbaik untuk sistem proteksi kebakaran Anda.

Recommended Posts

Leave a Comment