Hydrant Pillar dan Jenis-Jenisnya

Mungkin Anda sudah familiar dengan hydrant pillar. Alat ini merupakan salah satu komponen dalam sistem fire hydrant.

Namun, komponen ini memiliki jenis-jenis dan spesifikasinya masing-masing. Penasaran? Yuk, Simak di sini info selengkapnya!

Apa itu Hydrant Pillar?

Hydrant Pillar dan Jenisnya - Hydrant Valve

Hydrant pillar merupakan salah satu komponen dalam sistem fire hydrant. Komponen ini merupakan alat yang menerima air yang telah di pompa dari tandon air (reservoir).

Pillar inilah yang nantinya akan menjadi output untuk menyambungkan air menuju lokasi kebakaran dengan bantuan komponen lainnya seperti selang, nozzle, valve, dan lainnya.

Selain berfungsi sebagai komponen jaringan hydrant, pillar ini juga akan menjadi penghubung mobil pemadam kebakaran untuk menyuplai media air. Hydrant pillar biasanya diletakkan di luar gedung dan harus terhindar dari benda-benda yang dapat menghalangi atau menghambat proses pemadaman api.

 

Jenis-Jenis Hydrant Pillar

Pillar pada sistem ini memiliki tiga jenis, yakni one way, two way, dan three way. Dari ketiga jenis ini memiliki fungsi yang sama, yakni menyambungkan air dengan aksesoris fire hydrant lainnya agar mudah menjangkau titik api.

Namun spesikasinya yang berbeda-beda pun bukannya tanpa alasan. Untuk mengetahui perbedaan di antara ketiganya, simak di bawah ini, yuk!

One Way

Hydrant Pillar dan Jenisnya - Hydrant Pillar One Way

Seperti namanya, hydrant pillar one way memiliki satu jalur keluar yang bisa mengaliri media air dalam sistem fire hydrant. Karena hanya memiliki satu jalur, tentunya pillar ini memiliki harga yang lebih terjangkau dibanding pillar jenis lainnya.

Ukuran pillar ini adalah 12 x 25 inci dan berat kurang lebih 10-30 kg. Bila Anda ingin membeli jenis one way ini, maka Anda juga akan mendapatkan valve utama yang merupakan komponen pelengkapnya.

Biasanya one way pillar ini diletakkan di area gedung yang tidak terlalu besar. Namun, ada pula gedung yang menggunakannya bila memiliki volume media air yang kecil.

 Two Way

Hydrant Pillar dan Jenisnya - Hydrant Pillar Two Way

Berbeda dengan one way pillar, hydrant pillar two way memiliki dua jalur sebagai output media air dalam sistem fire hydrant.

Untuk ukurannya sekitar 4 x 2,5 x 2,5 inci. Pillar ini memiliki bursting pressure sekitar 15-30 kg/cm2 dan working pressure hingga 10 kg/cm2.

Bila gedung Anda memiliki potensi kebakaran skala besar, maka ada baiknya untuk menggunakan pillar jenis ini. Memiliki dua ouput valve tentunya akan semakin cepat menangani jika terjadi bencana kebakaran.

 Three Way

Hydrant Pillar dan Jenisnya - Hydrant Pillar Three Way

Lain lagi dengan two way, ada pula hydrant pillar three way. Hydrant ini memiliki tiga jalur untuk distribusi media fire hydrant menuju titik lokasi kebakaran.

Ukuran dari pillar ini adalah 6 x 3,5 x 2,5 x 2,5 inci. Tekanan maksimal yang dimiliki adalah 25 bar. Berbeda dengan kedua jenis pillar lainnya yang hanya memiliki valve utama, pillar three way memiliki komponen lainnya yaitu ball valve.

Pillar three way memang merupakan pengembangan dari jenis pillar sebelumnya. Memiliki tiga output tentunya akan semakin mempercepat proses proteksi kebakaran. Namun sayang, di Indonesia sendiri pillar jenis ini masih jarang digunakan.

 

Nah, itu dia ulasan tentang hydrant pillar dan jenis-jenisnya. Sudahkah Anda menemukan jenis pillar yang sesuai dengan gedung Anda? Yuk, pilih jenis pillar dengan cermat!

 

Hydrant Pillar - Hydrant Pillat Hooseki

Recommended Posts

Leave a Comment