Hydrant Pump dan Jenis-Jenisnya

Bicara soal fire hydrant, tentunya tak jauh-jauh dari cara instalasinya dan komponen yang ada di dalamnya, salah satunya adalah hydrant pump. Pompa hydrant ini memiliki beberapa jenis.

Anda ingin mengetahui tentang pompa hydrant? Yuk, simak dalam artikel berikut!

Apa itu Hydrant Pump?

Hydrant Pump - Hydrant Pump Versa

 

Dalam sistem fire hydrant, terdapat komponen-komponen yang diperlukan agar sistem proteksi kebakaran ini dapat bekerja dengan semestinya. Adapun berbagai komponen tersebut antara lain seperti tandon air, hydrant pump, hydrant pillar, dll.

Nah, saat ini kita akan membahas pompa hydrant. Hydrant pump adalah pompa dalam sistem hydrant yang befungsi untuk memompa air dari tandon air menuju jaringan hydrant.

Selain itu, hydrant pump juga dapat mengontrol tekanan air yang dialirkan ke jaringan hydrant. Namun fungsi-fungsi tersebut merupakan tugas dari masing-masing jenis pompa.

Anda penasaran? Ada baiknya ketahui jenis-jenisnya di bawah ini!

 

Jenis-Jenis Hydrant Pump

Dalam sistem fire hydrant, ada tiga jenis pompa hydrant. Di antaranya adalah Jockey pump, Electric pump, dan Diesel Pump.

Ketiganya bekerja secara berkaitan satu sama lain dalam sistem proteksi kebakaran ini. Namun, ketiganya memiliki tugas yang berbeda-beda.

1. Jockey Pump

Hydrant Pump - Jockey Pump

 

 

Jockey pump adalah pompa dalam sistem fire hydrant. Tugasnya adalah sebagai penstabil tekanan air yang masuk ke jaringan hydrant dari penampungan air (tandon air).

Pompa ini dapat bekerja secara otomatis maupun manual. Umumnya jockey pump akan mulai bekerja ketika tekanan air berada di posisi 6-8 bar.

Terdapat beberapa merk Jockey pump terbaik yang dapat Anda gunakan. Di antarnya adalah Versa, Grundfos, dan CNP. Pastikan pilih pompa jockey yang tepat untuk sistem proteksi kebakaran Anda.

2. Electric Pump

Hydrant Pump - Electric Pump

 

 

Jika Jockey pump bertugas sebagai penstabil tekanan air, maka beda lagi dengan electric pump. Pompa electric ini adalah pompa yang berfungsi memasok media air dari reservoir menuju jaringan hydrant.

Electric pump bekerja menggunakan energi listrik dari PLN sebagai sumber dayanya. Pompa ini dapat bekerja empat kali lipat dari jockey pump.

Terdapat empat merk electric pump mumpuni yang dapat Anda temukan di sini. Di antaranya Versa, Torishima, Ebara, dan Rotor pump.

3. Diesel Pump

 

Hydrant Pump - Diesel Pump

Saat terjadi kebakaran, biasanya akan terjadi padamnya aliran listrik. Maka pada saat itu, tentunya hydrant electric pump yang mengandalkan energi PLN tidak dapat bekerja.

Maka dari itulah adanya Diesel pump. Pompa ini berfungsi untuk menggantikan kerja electric pump. Meskipun begitu, bila aliran listrik PLN kembali hidup, maka tuga diesel akan berubah menjadi penstabil tekanan air.

Sama seperti electric pump, merk Versha, Torishima, Ebara, dan Rotor juga menyediakan jenis pompa diesel. Pastikan Anda memilih hydrant pump terbaik yang ada di kelasnya.

Hydrant Pump - Hydrant Pump Tohatsu

 

Nah, itu dia penjelasan tentang apa itu hydrant pump dan jenis-jenisnya. Apakah Anda semakin tertarik untuk menggunakan sistem fire hydrant sebagai proteksi kebakaran gedung Anda?

 

Recommended Posts
Showing 2 comments
  • wahyu idm
    Balas

    Terimakasih, Salam Kenal

    • Dian N
      Balas

      Hai Pak Wahyu, salam kenal juga dari tim FireHydrant.id

Leave a Comment