Kenali Jenis-Jenis Hydrant Box & Komponen yang Ada di Dalamnya

Hydrant box merupakan sebuah kotak yang digunakan untuk menyimpan komponen dan peralatan pemadam kebakaran. Terdapat berbagai macam jenis-jenis hydrant box yang diproduksi oleh produsen yang bergerak di bidang proteksi kebakaran, terutama fire hydrant equipment.

Kenapa sih harus memakai hydrant box? Ya, karena fire hydrant box ini memiliki fungsi untuk menjaga semua peralatan pemadam kebakaran agar tersimpan dengan rapi dan aman. Jadi, pada saat peralatan tersebut dibutuhkan mudah untuk diambil karena berada di posisi yang tertata.

Karena jika komponen pemadam tidak tersimpan dengan rapi, akan sulit untuk dicari dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Padahal dalam mengatasi kebakaran, Anda harus bergegas secepat mungkin untuk memadamkan api.

jenis hydrant boxJenis-Jenis Hydrant Box dan Fungsinya yang Harus Anda Ketahui

Anda juga harus tahu nih, bahwa fire hydrant box itu dibagi menjadi dua tipe, yaitu hydrant box indoor dan outdoor. Kedua tipe tersebut memiliki fungsi yang sama, tetapi memiliki spesifikasi, bentuk, dan penempatan yang berbeda. Berikut ini merupakan jenis-jenis hydrant box beserta fungsinya.

1. Jenis Hydrant Box Type A1 (Indoor)

jenis-jenis hydrant box dalam ruanganFire hydrant type A1 ini memiliki ukuran 66 x 52 x 15 cm dan merupakan tipe hydrant indoor. Sehingga, dikhususkan untuk diletakkan di dalam ruangan/gedung. Kemudian ada beberapa komponen fire hydrant yang bisa disimpan di dalam box ini, seperti:

  • 1 roll Fire Hose PU Type Size 1, 5 inch x 20 meter dengan coupling machino.
  • 1 pc Hose Nozzle Size 1, 5 inch.
  • 1 pc Hydrant Valve 1, 5 inch.

2. Jenis Hydrant Box Type A2 (Indoor)

jenis-jenis hydrant box A2Pada tipe ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tipe sebelumnya, yaitu jenis hydrant box A1. Karena pada fire hydrant type A2 ini memiliki cara penempatan yang sama juga dengan type A1, yaitu secara indoor.

Hanya saja yang membuat berbeda adalah segi dimensi dan ukuran. Jenis hydrant box A2 ini memiliki ukuran yang lebih besar, yaitu 100 x 80 x 18 cm. Lalu, pada tipe ini, hydrant box dapat digunakan untuk menyimpan komponen fire hydrant, seperti:

  • 1 roll Fire Hose PU Type, Size 1, 5 inch x 30 meter dengan coupling Machino.
  • 1 pc Hose Nozzle, Size 1, 5 inch dengan coupling Machino.
  • 1 pc Hydrant Valve 1, 5 inch dengan coupling Machino.
  • 1 pc Hose Rack 1, 5 inch.

3. Jenis Hydrant Box Type B (Indoor)

apa saja jenis hydrant box BMasih memiliki kesamaan dari kedua jenis fire hydrant box di atas, pada type B ini penempatannya adalah di dalam ruangan. Kemudian ada perbedaan dari segi ukuran dan dimensinya, dimana pada type B ini memiliki ukuran yang lebih besar, yaitu 125 x 75 x 18 cm.

Akan tetapi, perbedaan yang menonjol dari hydrant box type B dengan yang lain adalah keberadaan lubang khusus yang digunakan untuk fire alarm set. Jadi, pada bagian atas box type B ini dapat digunakan untuk peletakan manual call point, alarm bell, hingga indicator lamp.

Sedangkan komponen fire hydrant yang bisa disimpan di dalam box ini antara lain:

  • 1 roll fire hose PU type, size 1,5 inch x 30 meter dengan coupling machino.
  • 1 pc hose nozzle size 1,5 inch dengan coupling machino,
  • 1 pc hydrant valve 1,5 inch dengan coupling machino.
  • 1 pc hydrant valve 2,5 inch dengan coupling machino.
  • 1 pc hose rack 1,5 inch.

4. Hydrant Box Type C (Outdoor)

jenis-jenis hydrant box outdoorJenis fire hydrant box ini berbeda dengan ketiga tipe hydrant box di atas. Kalau tadi yang sudah dibahas merupakan hydrant box untuk indoor, sekarang pada type C ini didesain khusus untuk outdoor (luar ruangan). Hydrant box type C ini memiliki ukuran dan dimensi 95 x 66 x 20 cm.

Lalu, apa yang membuat istimewa type C diantara jenis-jenis hydrant box lainnya? Karena pada tipe ini nantinya akan diletakkan di luar ruangan, maka bahan yang digunakan untuk produksi box pun istimewa. Material yang digunakan untuk pembuatan hydrant box outdoor ini adalah carbon fiber maupun fiberglass.

Sehingga, box akan jauh lebih awet, tidak mudah korosi, dan mampu bertahan lama dari segala macam kondisi cuaca. Komponen fire hydrant yang bisa disimpan di dalam hydrant box type C, yaitu:

  • 1 roll fire hose PU type, Size 2,5 inch x 30 meter dengan coupling machino.
  • 1 pc hose nozzle berbagai varian, size 2,5’ inch dengan coupling machino.

jenos-jenis hydrant box apa sajaJenis-Jenis Material Fire Hydrant Box Apa Saja?

Di atas tadi sudah dibahas tentang apa saja jenis-jenis hydrant box yang biasa dipakai di Indonesia. Sempat disinggung juga sedikit tentang material yang digunakan dalam pembuatan hydrant box.

Nah, di sini kita akan bahas sedikit tentang material material yang biasa digunakan dalam pembuatan semua jenis-jenis hydrant box. Berikut  ini adalah material yang bagus dan biasa digunakan untuk memproduksi fire hydrant box.

  • Stainless Steel

Material yang digunakan untuk memproduksi hydrant box ini memiliki ketahanan terhadap korosi, sehingga akan membuat box menjadi lebih kuat dan awet. Jenis material ini biasanya digunakan untuk pembuatan fire hydrant box indoor atau yang biasa di pasang di dalam ruangan.

  • Fiberglass

Jika Anda tahu GuardALL, mereka sudah mulai memproduksi hydrant box menggunakan material fiberglass ini. Menggunakan fiberglass untuk produksi hydrant box karena memiliki kualitas yang lebih bagus dan tahan di berbagai macam kondisi dan cuaca.

Fiberglass ini biasanya juga digunakan untuk membuat body pesawat terbang, lho! Jadi, jenis hydrant box yang menggunakan material ini akan terlindungi dari segala macam kondisi cuaca. Sehingga, akan sangat cocok diterapkan dalam pembuatan fire hydrant box outdoor/luar ruangan.

Nah, dalam pembuatan fire hydrant box, akan dilakukan finishing coating yang pada umumnya setiap box hydrant menggunakan powder coating. Finishing seperti ini dilakukan oleh para produsen hydrant box. Agar cat yang menempel pada box bisa bertahan lama dan juga tidak mudah terkelupas.

macam-macam hydrant boxKomponen yang Biasa Disimpan di Dalam Hydrant Box

Seperti dengan apa yang sudah dijelaskan di atas, bahwa fire hydrant box memiliki fungsi untuk menyimpan peralatan atau komponen-komponen hydrant pemadam kebakaran. Lalu, apa saja komponen yang bisa disimpan ke dalam fire hydrant box? Cek di bawah ini.

1. Fire Hose

jenis-jenis hydrant box fire hoseFire hose ini berfungsi untuk menyalurkan air bertekanan dari sumber air agar bisa disemprotkan ke arah sumber api. Kemudian untuk selang yang biasa disimpan di dalam hydrant box indoor biasanya memiliki diameter 1,5 dan 2 inch dengan panjang 20-30 meter.

Dalam pemilihan fire hose, bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan dan dari jenis-jenis hydrant box yang dipakai.

2. Fire Hose Nozzle

jenis-jenis hydrant box hose nozzlePada semua jenis hydrant box bisa digunakan untuk menyimpan hose nozzle yang berbentuk corong memanjang. Hose nozzle ini berfungsi untuk mengarahkan keluarnya air dari selang menuju ke titik kebakaran.

3. Hydrant Valve

jenis-jenis hydrant box valveDi dalam fire hydrant box juga terdapat komponen yang bernama valve. Fungsinya adalah untuk mengatur keluarnya air bertekanan dari sumbernya. Valve/katup tersebut mampu mengatur aliran air dengan tekanan hingga 10 bar.

4. Hose Rack

jenis-jenis hydrant box hose rackTerakhir, di dalam jenis jenis hydrant box yang ada pasti terdapat hose/selang pemadam. Nah, agar selang tersebut dapat tertata rapi, dibutuhkan komponen yang dinamakan hose rack. Benda ini terbuat dari alumunium dan dengan adanya hose rack, tidak akan terjadi lagi penyusutan pada selang ketika akan digunakan.

custom segala jenis-jenis hydrant boxBisa Custom Berbagai Tipe dan Jenis Hydrant Box

Kami juga melayani jasa custom semua jenis fire hydrant box, baik dari segi ukuran dan warna. Anda bisa menyesuaikan desain dengan keinginan dan kebutuhan perusahaan/brand Anda. Jika Anda meingingkan hydrant box selain warna merah, kami bisa buatkan sesuai dengan request. Tersedia banyak warna, seperti warna putih, kuning, biru, gold, dan warna lainnya. Lalu, Apa saja sih keuntungan yang bisa didapatkan jika custom hydrant box di firehydrant.id?

  • Kami menyediakan hydrant box dari brand ternama, seperti GuardALL, Firefix, Hooseki, dan Ozeki.
  • Tersedia berbagai type hydrant box, seperti Type A1, Type A2, Type B, dan Type C.
  • Keaslian dan kualitas produk terjamin. Karena kami memproduksi hydrant box menggunakan material berkualitas dan berstandar Internasional.
  • Kami membekali Anda dengan dukungan data teknis yang lengkap.
  • Kami memberikan penawaran harga terbaik untuk Anda.
  • dan masih banyak keuntungan lainnya jika melakukan custom berbagai jenis hydrant box di tempat kami.

Bagaimana, sudah jelas ya pembahasan tentang jenis-jenis hydrant box beserta fungsinya? Nah, jika Anda tertarik untuk membeli hydrant box, bisa membelinya di toko kami. Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Recommended Posts

Leave a Comment